Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Selenggarakan Pendidikan Calon Panitera Pengganti (CPP)
Dipublikasi 23 Mei 2016 08:09:20 oleh Web Admin Dibaca sebanyak 813 kali

Surabaya | pta-surabaya.go.id

Pengadilan Tinggi Agama Surabaya menyelenggarakan Pendidikan Calon Panitera Pengganti dilingkungan Pengadilan Agama. Pendidikan yang diselenggarakan pada tanggal 19 s.d 21 Mei 2016 tersebut bertempat di Bess Resort & Waterpark Hotel And Convention Lawang Malang berlangsung selama 3 hari serta diikuti oleh 117 peserta dari berbagai satuan kerja baik dari Pengadilan Tinggi Agama, Pengadilan Agama dari dan luar PTA Surabaya.


Ice Breaking; Membangun Kebersamaan Peserta CPP


Ice Breaking; Membangun Kerjasama Tim

Pada hari pertama sebelum pembukaan acara, peserta oleh bapak Plt.Sekretaris PTA Surabaya untuk melakukan Ice Breaking, kegiatan ini bertujuan untuk agar peserta mengenal peserta lain dan merasa nyaman dengan lingkungan pendidikan. Kegiatan ini dilakukan dengan permainan berpikir, kerjasama kelompok dan kemampuan individu.


Pengalungan Tanda Peserta CPP oleh Dr. H. M. Rum Nessa, SH., MH.

Acara yang dibuka pada pukul 19.00 wib oleh Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Dr. H. M.Rum Nessa,S.H., M.H. berlangsung dengan hikmad yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan ayat suci Alquran. Dalam pesan pembukaannya beliau berpesan bahwa, jadilah panitera pengganti yang professional ketika nanti ditempatkan di satuan kerja. Beliau juga berpesan untuk selalu menjaga kode etik pegawai maupun panitera.


Pembinaan oleh Dirjen Badilag Drs. H. Abdul Manaf, S.H., M.H.

Pemateri diberikan oleh bapak Hakim Tinggi, Kepaniteraan dan tenaga teknis perkara Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, adapaun materi yang diberikan adalah :

  1. Pola Bindalmin Dan Implementasi SIADPA/SIPP
  2. Hukum Materiil Peradilan Agama
  3. Hukum Formil Peradilan Agama
  4. Teknik pembuatan berita acara sidang
  5. Etika profesi Panitera Pengganti Peradilan Agama
  6. Praktek pembuatan berita acara sidang


Post Test Peserta Pendidikan CPP

Pada hari kedua, Bapak Diretur Jenderal Peradilan Agama Drs. H. Abdul Manaf, S.H., M.H. menyempatkan hadir dan memberikan sambutan serta arahan. Dalam arahannya beliau berpesan bahwa setiap pegawai Pengadilan untuk selalu bersikap profesioanl serta berpikir atas nama lembaga bukan pribadi, untuk selalu menata hati dan keluarga dalam menghadapi mutasi.


Foto Bersama Peserta Pendidikan CPP

Pada hari terakhir untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan yang dicapai setelah berakhirnya penyampaian materi maka dilakukan Post Test oleh panitia penyelenggara dan narasumber. Acara di tutup oleh bapak Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama dengan pesan bahwa apa yang diperoleh dalam pendidikan selama 3 hari ini bisa diterapkan ketika nanti telah diangkat menjadi Panitera Pengganti untuk mewujudkan badan peradilan yang agung.

 

[RB]

Index Berita